Cari Lowongan Kerja ?

Minggu, 26 Februari 2012

KEMITRAAN UKM: Semen Gresik Tingkatkan Dana Pinjaman Jadi Rp130 Miliar


PT Semen Gresik (Persero) tahun ini meningkatkan program kemitraan dengan usaha kecil menengah (UKM) menjadi 13.000 unit dibandingkan pada 2012 sebanyak 11.000 mitra, dengan alokasi dana pinjaman lunak Rp130 miliar.

BUMN produsen semen tersebut dalam menambah jumlah mitra binaan akan melibatkan  sedikitnya 8 konsultan guna mengupayakan peningkatan skala usaha UKM.

Kepala Departemen Pengelolaan Sosial dan Lingkungan Korporasi PT Semen Gresik (Persero) Faf Adisamsul mengatakan sebagian besar dari UKM yang dibina berada di ring I yakni berdekatan dengan lokasi pabrik semen milik BUMN tersebut di Kab. Tuban, Jawa Timur. Selebihnya UKM di wilayah Kab. Gresik dan bagian lain di Jawa Timur, tetapi Semen Gresik (SG) juga menjangkau UKM di Yogyakarta.

Menurut dia, program kemitraan yang dilakukan SG hingga akhir 2011 mencapai 11.000 UKM, diantaranya 70% bergerak di bidang perdagangan dan selebihnya industri berbagai kerajinan serta makanan.

Kami tahun ini menambah lagi 2.000 mitra binaan, sehingga total UKM yang mendapatkan pembinaan menjadi 13.000 unit. Dana yang kami alokasikan untuk mitra UKM Rp130 miliar,” ujarnya, akhir pekan lalu.

Dana bagi pembinaan UKM itu berasal dari penyisihan laba SG tahun lalu, selain guliran dari dana pinjaman yang telah dikucurkan tahun-tahun sebelumnya. Besaran bunga atas dana pinjaman untuk modal usaha itu 6%/tahun.

Pengucuran dana pinjaman lunak bagi mitra binaan dilakukan sendiri oleh pihak SG tanpa melibatkan pemerintah daerah. “Kami menyalurkan sendiri dana kemitraan bagi UKM sebab sesuai ketentuan dari Kementerian BUMN,” papar Faf.

Selain pinjaman dana, program kemitraan UKM dilakukan dalam bentuk pelatihan usaha dan promosi produk yang dihasilkan mitra binaan melalui pameran di dalam maupun luar negeri.

Faf menambahkan pendampingan usaha terhadap UKM melibatkan para konsultan bidang pengembangan produk, pemasaran, manajemen serta aspek lain yang dibutuhkan mitra binaan.

Kami sejauh ini melibatkan 8 konsultan UKM berasal dari perguruan tinggi maupun non-perguruan tinggi, banyak yang mengajukan menjadi konsultan pendamping mitra binaan kami,” tuturnya.

***


sumber: bisnis.com

| Free Bussines? |

1 komentar:

  1. saya mau bertanya, kalau di kota bogor apakah bisa mendapatkan pinjaman? apa saja syarat untuk meminjam modal. terima kasih

    BalasHapus

Cari Artikel ?

Loading...